Membuat Layanan Pengaduan Kepada Operator ISP

A. Pengertian

Operator telepon adalah orang yang bertanggung jawab menyampaikan sambungan telepon yang masuk kepada orang yang dituju. Selain itu seorang operator telepon juga bertanggung jawab membuka saluran telepon bila ada karyawan yang hendak menghubungi pihak luar. Seorang operator telepon dalam sebuah perusahaan biasanya merangkap menjadi resepsionis. Seorang operator telepon yang merangkap resepsionis biasanya perempuan karena dianggap lebih menarik penampilannya dan suaranya lebih enak didengar daripada suara laki-laki.

Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.

B. Latar Belakang

Banyak nya Client yang memiliki masalah jaringan dan bingung harus berbuat apa, maka dari itu harus ada media untuk pengaduan masalah tersebut.

C. Maksud dan Tujuan

Membuat layanan pengaduan agar client dapat komplain kepada operator ISP jika mengalami masalah jaringan.

D. Alat dan Bahan

1. PC / Laptop
2. Cisco Packet Tracer

E. Waktu Pelaksanaan
10 Menit

F. Tahap Pelaksanaan

1. Buat topologi seperti ini terlebih dahulu.


2. Kemudian config pada Router untuk memberikan Gateway kepada Server dan PC / Laptop dengan cara double klik pada Router > CLI. Jika ada bacaan seperti dibawah pilih "no".
Continue with configuration dialog? [yes/no]: no
Config pada Router
Router>enable
Router#conf t Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Router(config)#int fa0/0
Router(config-if)#no shutdown
Router(config-if)#ip address 192.168.17.1 255.255.255.0
Router(config-if)#exit
Router(config)#int fa0/1
Router(config-if)#no shutdown
Router(config-if)#ip address 192.168.27.1 255.255.255.0Router(config-if)#exit

3. Berikut tampilan Interfaces FastEthernet yang berada di dekat Router pastikan sudah menyala atau berwarna hijau.



 4. Selanjutnya setting IP Address Pada Laptop dengan cara double klik pada Laptop > Desktop > IP Configuration.


5. Masukan IP Address dan Gateway yang telah dibuat pada Router.
IP Address : 192.168.27.2
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.27.1
Config IP pada Laptop

6.  Kemudian setting IP Address pada Server dengan cara double klik pada Server > Config > Interfaces > Backbone. Pilih Static lalu masukan IP Address dan Gateway yang dibuat pada Router.
Default Gateway : 192.168.17.1
IP Address : 192.168.17.2
Subnet Mask : 255.255.255.0
Config IP pada Server

7. Setelah Server dan Laptop telah di beri IP, lalu masuk ke pemberian IP pada Smartphone dengan cara double klik pada Smartphone > Desktop > IP Configuration > DHCP. Untuk Interface pilih 3G/4G Cell 1.



8. Setelah itu silahkan anda coba berkomunikasi dengan cara ping IP Operator nya.



G. Kesimpulan

Kita telah berhasil membuat pelayanan lebih selaku ISP yaitu Client dapat menghubungi langsung ke Operator jaringan untuk pengaduan permasalahan yang terjadi pada jaringan atau telepon client.

H. Referensi

Post a Comment